Hack the iphone ! (jailbreak + unlock)


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meng-unlock sebuah iphone, cara itu berkisar dari cara yang relatif sulit (hardware) sampai yang termudah (aplikasi). Tetapi cara-cara tersebut berakibat juga terhadap permanen atau tidaknya unlock yang kita lakukan, sebagai contoh apabila kamu meng-unlock iphonemu secara hardware (merubah baseband) maka unlock ini akan bersifat permanen (dalam artian “upgrade” firmware version tidaklah berpengaruh), sedangkan “bypass” yang dilakukan dengan aplikasi tidaklah bersifat permanen dan hanya untuk jenis kartu “SIM” (provider) yang kita tentukan saat proses bypass (unlock) saja.

Beberapa hari yang lalu, aku akhirnya kesempatan untuk “meng-hack” iphone agar berfungsi dengan kartu SIM Indonesia, iphone ini sebenarnya sudah di unlock (versi firmware 1.0.2) terbukti dengan sudah bisanya kartu SIM Indonesia dipakai pada iphone ini, tetapi yang jadi masalah adalah belum adanya aplikasi installer (App Installer, A UIKit based package manager for the iPhone), sehingga tidak dapat untuk melakukan instalasi aplikasi lucu (games, summerboard, dsb) lainnya. Karena aku pikir tidak ada salahnya sekalian di upgrade firmware iphone ini ke versi 1.1.1 dan baru melakukan “jailbreak dan unlock” dari versi 1.1.1, akhirnya aku putuskanlah untuk me-restore firmwarenya ke versi 1.1.1.

Sebelum ini, aku hanya berpengalaman melakukan “jailbreak” eX1a (ipod touch) milikku, dan tidak ada hal yang sulit kecuali harus memastikan auto lock mati dan koneksi internet via wireless berjalan sempurna agar tidak gagal di tahap jail break (baca pula bsd gadget-ku). Kali ini akhirnya berkesempatan melakukan jailbreak dan unlock terhadap iphone (setelah sangat lama), seharusnya tidak ada kendala berarti karena sangat banyak sekali situs yang menyediakan artikel untuk melakukan “unlock” tersebut, baik secara hardware maupun dengan aplikasi (bypassing), tetapi aku tidak mungkin melakukan hardware unlock (setidaknya tidak untuk saat ini, karena iphone ini bukan milikku :P) dan sejak berhasil membongkar ipod mini dulu (baca juga knowing your ipod; look inside his body) maka aku yakin bahwa membongkar iphone bukan hal mudah, mo coba ? lihat disini. (mungkin lain kali yah, kalo iphone cuma seharga $50 :P)

Yang menjadi sedikit masalah adalah versi modem firmware & IMEI iphone ini tidaklah di support (terlebih karena jenis unlock yang dilakukan oleh penjual sebelum ini yang “mungkin” dengan memflash EEFROM dari iphone untuk merubah baseband/bootloadernya) oleh aplikasi AnySim yang digunakan untuk melakukan unlock (sebenarnya bypass) terhadap iphone sehingga bisa menggunakan kartu SIM jenis apapun. Sebenarnya sudah terdapat beberapa aplikasi pula untuk merestore baseband atau bootloader dari iphone, tetapi entah karena proses yang tidak sempurna saat melakukan downgrade baseband/bootloader maka aku mendapatkan error 1011 setiap akan merestore firmware 1.1.1, yang sewaktu aku cari di google aku hanya menemukan informasi bahwa iphone tersebut “sudah mati” dan satu-satunya cara adalah mengembalikannya ke Apple (search di google, baca artikel dead iphone, serta hasil forum diskusi di disscusions.apple) . *gedubrak*

Yang aku dapatkan adalah error pada itunes dengan gambar seperti berikut

Serta layar iphone yang freeze dengan gambar seperti berikut

Aku tidak mungkin mengembalikannya ke Apple😛, dan rasa ingin tahuku sudah lebih dari cukup untuk memecahkan permasalahan ini. Aku mencoba mendowngrade ke firmware 1.0.2 dan error yang di dapatkan berbeda (meskipun hasil yang sama; proses restore gagal), aku berkeyakinan ini adalah murni kesalahan di level firmware, berkali kali aku coba melakukan restore ke firmware 1.1.1 dan 1.0.2 (firmware aseli dari iphone ini) tetapi tidak kunjung menemui keberhasilan, akhirnya aku berniat merestore ke-versi diatasnya 1.1.2 dan ternyata berhasil (kemungkinan dengan versi 1.1.3 juga akan berhasil) dan yang menjadi permasalahan akan cukup sulit melakukan jailbreak dari versi ini (semua artikel menyarankan untuk melakukan downgrade), maka aku melakukan downgrade ke versi 1.1.1 dan menemukan kegagalan kembali dengan error berbeda tetapi terdapat artikel yang menjelaskan bahwa error tersebut di ignore saja dan lanjutkan kembali dengan menjalankan aplikasi AppTapInstaller lalu memilih firmware 1.0.2 dan apabila sukses iphone anda akan berfirmware 1.0.2, dan untuk melakukan unlock anda harus memulai dari awal lagi (melelahkan), langkah singkatnya adalah : upgrade ke 1.1.1 > jailbreak > restore baseband/bootloader (install BSD subsytem dan the virginize) > restore kembali firmware 1.1.1 dengan baseband dan modem firmware yang di dukung anysim > jailbreak kembali > install Anysim dan sukses!.

Mungkin bagi anda yang memiliki iphone dengan versi firmware dan baseband yang di support serta IMEI yang di support maka tidak perlu serepot ini, anda hanya perlu melakukan prosedur biasa🙂. Semua petunjuk bisa dilihat di iphone.unlock.no jika anda berminat melakukan unlock berbasis software (aplikasi) tetapi berhati-hatilah karena sedikit tricky, dan lakukan semuanya secara perlahan dan bacalah dengan teliti baik petunjuk serta output dari setiap tindakan anda🙂 . Jangan menyerah dan jangan bergantung dengan semua jawaban google😛 (pelajaran dari error dead iphone)

ciaoo, happy hacking


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: